snippetjournal

– notes, snippet codes, and my journal

Tentang Java Part 1

leave a comment »

artikel bagus tentang java programming

Hei aneh dengan kalimat diatas ?  sebenar nya keyword diatas saya dapat melalui admin panel wp saya. rupa nya ada orang iseng yang ingin mencari sebuah artikel bagus tentang java programming. hmm artikel yang bagus itu definisi nya seperti apa ? saya sendiri tidak tahu😀, karena penilaian seseorang berbeda beda bukan hehe.

Karena menurut saya keyword tersebut menarik saya akan mencoba membahas nya, klo yang saya tangkap dari user yang mengetik keyword diatas dia ingin belajar java tingkat lanjut tetapi bingung harus mencari di mana, saya ada beberapa web yang saya jadikan referensi dalam mencari cari materi tentang java. di bawah ini akan saya share😀

  • Bingung apa yang harus dipelajari terlebih dahulu dalam belajar java (learning curve) ? coba check disini
  • Bingung dalam langkah awal java, mungkin buku mas ifnu bima dapat membantu😀
  • Masih bingung dalam fundamental java coba deh cari buku deitel java, java how to program  buku ini lebih menitik beratkan pada dasar java dan j2se, ingin lanjut ke web ? coba deh cari tentang servlet, Head First Servlets and JSP
  • Hei di java konsep RDMS di buat seperti OOP lhoo, coba deh cari tahu tentang ORM (Hibernate dan JPA)
  • Ingin lebih lanjut dengan aplikasi enterprise java ? lanjut ke JEE dengan ejb nya😀
  • Ingin mencoba “racikan” lain dari JEE ? coba deh spring framework😀
  • Di java kita akan selalu bekerja dengan framework dan libraries, terkadang merepotkan tapi sekarang sudah ada maven kok yang membantu kita memanage libraries tersebut, monggo di cari tahu teman teman🙂
  • Masih banyak technologies pada java mulai dari web application container nya, Scheduler (Quartz scheduler/Spring scheduler), JMS, web service, konsep REST full (umum bukan hanya java) dll. saya sendiri masih belajar jadi tidak bisa banyak memberi tahu tentang materi materi tersebut😀. Silahkan di Googling saja bagi teman teman yang tertarik😀
  • Belajar juga harus mencari guru, saya menyebut nya mentor, dan banyak yang bisa kita jadikan mentor di internet, seperti : mas ifnu bima, mas endy, mas kusandriady dll. anda bisa melihat link link dari blog roll saya😀. untuk saat ini yang masih aktif menulis menurut saya hanya om endy saja, silahkan di explore
  • Ada juga lho belajar melalu java podcast milik mas ifnu bima, lumayan dapat pengetahuan tentang java tingkat lanjut. wajib untuk di dengar
  • Coba deh kalian ikut daftar github, cari cari source example yang berguna. pada saat ini saya hanya menemukan punya om endy saja yang cukup menarik
  • Ingin lebih meng -explore java lebih jauh coba cek java.dzone.com, java code geeks, terkadang saya juga mencari materi di code project dan mkyong (andalan jika ingin mencari quick tutorial ):D
  • Masih kurang puas😀, coba deh kalian ikut forum atau komunitas, ini sangat membantu lho, tetapi ingat ya untuk yang masih baru dalam java usahakan selalu mencari jawaban dahulu dari om gugle😀, jangan dikit dikit nanya selalu minta di “suapin”😀. jadi programmer susah ? silahkan ganti jurusan atau ganti pekerjaan anda. programmer itu bukan sembarang profesi, hanya orang orang yang berpassion pada programming aja yang bisa bertahan😀
  • Sebagian besar materi bahasa inggris ????😦 , kecewa ? jangan kecewa. tapi harus terpacu, karena programming asal usul nya dari negara yang berbahasa inggris, jadi pasti materi yang advance dan expert pasti berbahasa inggris, ga ada rugi nya kok belajar bahasa inggris😀. pada saat ini bahasa inggris selain menjadi bahasa international menjadi bahasa pengetahuan, karena mau tidak mau kita “berkiblat” kesana  (US and Europe )
  • Hei sudah explore semua ? atau kurang menarik bahasan diatas, coba deh explore design pattern, entah design pattern secara umum atau khusus (java), akan sangat membantu. lebih lanjut cari tahu tentang GOF (Gang Of Four) atau belajar design pattern dari seri buku head first😀
  • Hei hei tahu ga klo EJB, JSF dan Spring framework itu bekerja di sisi backend. ingin mencoba berkreasi di sisi front end, coba deh teman teman cari tahu tentang primefaces, prime-ui, vaadin, zkoss mereka ini berada di sisi UI component.
  • Atau teman teman ingin mempermudah templating html coba deh cari tahu tentang zurb foundation dan bootstrap.
  • Hmm apa lagi nanti deh saya tambahin klo ada yang di ingat, klo kalian yang membaca punya masukan silahkan dia comment😀

To follow the path:
look to the master,
follow the master,
walk with the master,
see through the master,
become the master.

illustration 

Written by snippetjournal

December 16, 2013 at 6:40 am

Posted in Opini, Programming

Tagged with , , , ,

Leave a Reply

