snippetjournal

– notes, snippet codes, and my journal

Field Report Java MeetUp at Blibli.com part 2

with one comment

Development Stack Artivisi 2014

Di java meetup kali ini pemateri nya adalah mas endy muhardin dari artivisi yang mempresentasikan development stack 2014 dari artivisi. cukup menarik materi yang di bawakan. Development stack artivisi menggunakan twitter bootstrap di bagian UI, anggular JS menangani logik di bagian UI, spring framework di bagian backend, dan hibernate atau spring data JPA untuk ORM nya.

Angular JS
Mas endi sendiri lebih banyak membahas dan mendemokan cara kerja angular JS dalam menangani logik di bagian UI, anggular JS menggantikan penggunaan JSTL yang biasa nya di pakai oleh para java developer. Dengan angular JS beberapa logik dan fitur binding data nya memungkinkan pengolahan data pada sisi UI bisa dengan mudah di lakukan, karena di buat dengan javascript maka semua di tangani di sisi client side, secara langsung di tangani oleh browser di masing masing pc/laptop pengguna. Berbeda dengan JSTL yang mengolah data pada server side.

Hibernate
Kenapa mas endi masih mempertahankan penggunaan hibernate, karena menurut beliau hibernate sudah cukup stabil dan tidak ada masalah berarti jadi tidak ada salah nya dipertahankan. Penggunaan spring data JPA juga sempat di bahas, beliau menggunakan spring data JPA karena dalam penggunaan nya dapat menghemat code (less code). Maksudnya adalah pada spring data JPA terdapat fitur untuk operasi database sederhana save, update, delete, findBySomething, sudah tertanam pada spring data JPA sehingga boilerplate code dapat di hindari.

Spring
Tidak banyak yang di bahas tentang spring😦 , salah satu yang di bahas adalah kenapa beliau lebih memilih spring dari pada EJB, keuntungan yang di bahas dalam spring adalah mudah nya migrasi spring dari versi lama ke versi baru, dan juga dengan penggunaan spring menjadi seperti “one stop solution” di banding EJB atau stack JEE 6/7 sendiri. karena dengan spring beberapa component/fitur seperti messaging, scheduler dll sudah di “bungkus” oleh spring

Selain itu mas endi juga sempat membahas pertimbangan apa saja dalam memilih framework, antara lain kemudahan penggunaan (intuitive), learning path, popularitas (trend) dan jumlah pemakai. mas endi menitik beratkan kemudahan penggunaan dalam memilih framework sehingga developer cepat beradaptasi dalam mengimplementasikan nya ke project yang akan di kerjakan.

Sebenar nya mas endi juga sempat membahas workflow development tetapi akan lebih ringkas jika melihat presentasi slide dari mas endi. karena lebih mudah di pahami dengan susunan gambar.

berikut bahan materi yang di bawakan oleh mas endy muhardin :

Contoh aplikasi yang dibahas ada di sini :
https://github.com/endymuhardin/simple-webapp
https://github.com/endymuhardin/belajar-restful

screen cast :  http://t.co/fSzqYCzDaL

Akhir kata maaf jika FR nya kurang detail/lengkap, karena saya menulis hanya berdasarkan ingatan saja, mungkin ada poin poin yang menarik yang tidak tertulis😀

cheers, happy coding with java🙂

Written by snippetjournal

January 14, 2014 at 4:55 am

One Response

Subscribe to comments with RSS.

  1. […] lanjut ke Development stack artivis 2014 di java meetup at blibli.com […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: