snippetjournal

– notes, snippet codes, and my journal

Facebook Buy Whatsapp For 19 Billion dollars

leave a comment »

Pagi ini berita menarik muncul di beberapa social media dan beberapa komunitas, ya Facebook (FB) membeli WhatsApp (WA) dengan harga yang cukup mahal, lebih mahal ketika membeli instagram, dan kabar yang beredar ketika BBM (blackberry messenger) di tawarkan kepada FB harga nya tidak semahal ini (gosip, saya tidak menemukan data pada google/search engine). memang harga FB ketika membeli WA 19 billion dollars tidak lah semua nya cash, ada beberapa bagian menjadi saham dll. (silahkan baca article dia atas)

Yang menarik disini FB akan membiarkan WA menjadi merek atau perusahaan yang independent, tidak merubah alur bisnis dari WA. target FB sendiri membiarkan WA adalah agar pengguna WA terus melejit, pada saat kondisi sekarang WA adalah messenger pertama yang traffic data nya hampir mengalahkan text message atau SMS. menarik bukan, secara bisnis membeli WA adalah pilihan tepat bagi FB, tetapi langkah membiarkan tanpa mencampuri alur bisnis WA oleh FB lebih menarik lagi.

WA menjanjikan akan tetap tanpa iklan, game dan tipuan tipuan pemasaran lain nya (gimmick?).  dari semua demam messenger di smartphone kita yang sudah menggila, komunikasi dengan instant messaging adalah salah satu  hal penting/vital. dan WA adalah satu satu nya untuk saat ini messaging yang fokus hanya pada komunikasi text. dan saya sendiri suka dengan WA. tapi dengan di beli nya FB oleh ini memberikan saya intuisi yang tidak enak🙂 (opini)

“WhatsApp is on a path to connect 1 billion people. The services that reach that milestone are all incredibly valuable,” said Mark Zuckerberg, Facebook founder and CEO. “I’ve known Jan for a long time and I’m excited to partner with him and his team to make the world more open and connected.”

Jika di lihat tujuan WA dan FB mengkoneksi kan semua orang, kemungkinan besar WA akan terintegrasi FB dan data data WA tidak lagi dinikmati oleh WA saja, tapi juga akan di nikmati FB, WA memiliki nomor telephone para pengguna nya, begitu juga FB dan tadaaa…. kedua nya memiliki data konsumen yang luar biasa bisa di gunakan untuk apapun, sudah di ketahui bahwa FB menjual data data pengguna nya untuk analisis konsumen dan iklan dll yang tidak di beberkan.

Mungkin saya paranoid, tapi ini lah yang terpikir ketika saya membaca berita FB membeli WA, ya ini juga opini pribadi dan “barisan sakit hati” saya karena saya tidak terlalu suka dengan cara berbisnis FB, dan saya penggemar WA yang kecewa😀

Bermain bisnis pada area FB dan WA adalah tentang memanfaatkan data pengguna dan mengolah nya menjadi data yang berguna untuk instansi lain. dan tidak mungkin FB membeli WA dengan harga mahal tanpa mendapatkan apapun🙂

There is always a catch . . .

Written by snippetjournal

February 20, 2014 at 2:44 am

Posted in Opini, Personal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: