snippetjournal

– notes, snippet codes, and my journal

My Story of “Searching for JAVA CMS”

leave a comment »

Berawal mula dari ide untuk membuat web profile atau web semacam blog saya mencari cari CMS untuk mengakomodir ide saya tersebut (dikarenakan saya malas membuat dari nol/scratch😀 ), tetapi setelah seharian googling saya memilih drupal dibanding wordpress karena banyak materi di internet yang mengatakan drupal mempunyai security dan kualitas source code yang lebih baik di banding wordpress. (feature dan seo friendly saya kesampingkan terlebih dahulu)

Tetapi karena basic saya programmer java, dan skill PHP saya hanya sebatas guest book vanilla PHP yang saya buat sewaktu kuliah, saya pun jadi ragu, kemudian saya putuskan mencari cari CMS dari bahasa JAVA😀. Dan saya pun menemukan beberapa link untuk lebih jauh mencari tahu bermacam macam CMS dari bahasa JAVA ini hehe.

Dari beberapa link diatas ternyata banyak sekali CMS berbasis Java yang sebenarnya cukup populer, stable, robust serta proven dan dapat di andalkan, dan populer disini artinya di luar sana, di luar indonesia🙂.

Di indonesia web profile atau web blog masih di dominasi oleh bahasa PHP beserta framework nya karena memang dari sisi teknologi sangat ramah dengan developer indonesia, dari sisi infratruktur, light dan harga (hosting), komunitas, kemudahan integrasi dari sisi design dan implementasi. karena memang dari sisi harga hosting, banyaknya penyedia hosting dan komunitas yang besar ini menjadi kekuatan PHP untuk menjadi anak emas di lingkungan small and light application.

Karena basic saya programmer java maka akhirnya saya menangguhkan mencoba drupal (PHP) dan memutuskan mencoba dengan teknologi java yang memang saya sudah sangat akrab, dan saya memutuskan untuk mencoba magnolia berdasarkan rating di web cms critics, serta review review di beberapa artikel di internet yang saya temukan, dan sepertinya (karena saya masih menduga-duga) lebih ringan dibanding liferay. Faktor terlalu banyak memakan resources ini pula lah yang menjadikan Java menjadi “kalah” dibanding PHP di sisi small and light application

Untuk saat ini saya hanya bisa berbagi pengalaman dalam proses pencarian saya dalam mencari CMS berbasis Java untuk kemudian review dari sisi pribadi saya masih belum bisa memberikan review, mungkin kemudian hari setelah benar benar mencoba dan meng-implementasikan insya allah akan saya tulis di blog saya ini😀

Random Stuff 

saya membuat bagian ini karena ketika dalam proses pencarian saya menemukan link link yang menarik berkenaan dengan materi yang saya bahas di atas, ini juga sebagai catatan pribadi saya🙂

catatan : saya menulis ini dengan bahasa indonesia karena, saya rasa dan memang dari hasil searching di google saya tidak banyak menemukan materi yang berkaitan dengan CMS JAVA dalam bahasa indonesia😀

Written by snippetjournal

July 8, 2015 at 4:46 am

Posted in Collection Link, Opini, Programming

Tagged with , ,

Leave a Reply

