snippetjournal

– notes, snippet codes, and my journal

Kulsub Summary – ustad uki – kecintaan dunia tidak ada artinya

leave a comment »

Adakah bekas Ramadhan setelah ditinggalkan, bagaimana ibadah kita setelahnya ?

Kecintaan Dunia dan mengejar dunia tidak ada artinya

.

Ini mengingatkan saya bahwa setiap yang hidup pasti akan mati. Manusia lahir, hidup dan mati. Binatang, tumbuhan dan segala yang ada didunia/dibumi akan mati.

Kita secara ilmu pengetahuan sudah pula mengetahui bahwa tatanan suatu planet yang sangat besar ataupun kecil serta tata surya, bintang atau galaksi sekali pun ada jangka waktunya, pada saatnya mereka pun akan mati atau musnah (peristiwa supernova, black hole).

Ini pelajaran dan tanda tanda tuhan (peringatan) yang diberikan untuk kita, bahwa hidup adalah sementara. Kita manusia bermula dari ketiadaan (lahir) kemudian kembali ke ketiadaan kembali (mati).

Jika berpikir logis dengan fakta fakta tersebut hidup dunia hanya sementara, mengejar sesuatu, bersusah payah, berlelah lelah terhadap dunia yang kemudian akan akan hilang hanya akan rugi. Tetapi ketiadaan yang meliputi hidup seperti “terlihat” kekal, ini bagi saya mengindikasikan bahwa ketiadaan bisa jadi adalah alam sebelum kehidupan dan alam setelah kehidupan. Dari sini saja dengan mudah kita bisa menyimpulkan bahwa alam tersebut lah yang kekal. Alam sebelum kelahiran dan alam sesudah kematian (after life, akhirat).

Banyak agama yang memberitahukan agar kita berlaku baik sesuai tuntunan agama untuk mempersiapkan kehidupan setelah kematian, alam setelah hidup, alam akhirat.
Terutama dalam agama islam, agama penyempurna. Islam mempersiapkan untuk hidup diakhirat kelak dan bahwa mengejar dunia tidaklah pantas dan tidak ada artinya dibanding kehidupan.

So masihkah kita bernafsu mengejar dunia, masihkah kita mempertanyakan akhirat sedangkan kita setiap detik dalam hidup kita sedang berjalan ke kematian yang kemudian alam setelah mati (akhirat) tersebut adalah tujuan akhir dari perjalanan hidup.

Mengurus dan berbakti kepada org tua, sebelum mereka hilang kemudian kita menyesal, karena penyesalan tersebut bisa menghalangi doa kita.

Bersyukur atas nikmat kepada allah.
Datang dalam keadaan bersih pulang kepada allah dalam keadaan bersih.

Amal kita tidak sebanding dengan dengan nikmat yang allah berikan, rahmat allah lah yang bisa bisa menjamin kita masuk surga.

Waallahu a’lam.

Written by snippetjournal

August 2, 2015 at 1:52 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: